Institutional Repository adalah media yang sangat bermanfaat bagi author (penulis, peneliti, dan dosen) dalam mengelola beragam portofolio hasil kegiatan karya ilmiah. Apalagi untuk menindaklanjuti aturan Dirjen DIKTI tentang kebijakan unggah karya ilmiah dan penelitian, yang mengharuskan dosen untuk mengunggah karya ilmiahnya agar dapat diakses secara online melalui berbagai search engine akademik dan sarana pengindeksan. Dengan repository, penyimpanan portofolio karya ilmiah dosen menjadi jauh lebih secure, long-term, dan mudah ditemukan.

Selain itu, Repository juga dapat menginformasikan kepada ”dunia” tentang expertise (kepakaran) seorang dosen. Di repository, masing-masing dosen dapat mempunyai akun untuk menyimpan karya ilmiah. Pengunjung repository dapat memperoleh informasi tentang kepakaran dan research interest dosen yang bersangkutan.

Manual Unggah Mandiri ini juga disusun sebagai follow up dari Keputusan Rektor UIN Mataram No. 1781 Tahun 2018 tentang Penetapan Pemberlakuan Wajib Simpan dan Upload Karya Ilmiah dan Kewajiban Melakukan Plagiarism Checker atas Karya Ilmiah Sivitas Akademika UIN Mataram. Dengan petunjuk dari manual ini, maka diharapkan dosen UIN Mataram dapat melakukan Unggah Mandiri secara aktif karya ilmiahnya, tanpa harus tergantung dengan pelayanan para pustakawan di Perpustakaan UIN Mataram. Dengan begitu diharapkan agar jumlah koleksi yang dapat menjadi showcase kepakaran seorang dosen dapat meningkat secara signifikan.

Untuk panduan unggah mandiri tersebut klik disini

logo watermark klik disini