Select Page

Our Story

Perpustakaan UIN Mataram telah berdiri dan ikut bertransformasi dengan Perguruan Tinggi Islam Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat.  Adapun sejarah transformasinya adalah sebagai berikut :

TAHAPAN

BENTUK KELEMBAGAAN

DASAR HUKUM

Tahap I Sekolah Persiapan IAIN (SP-IAIN) cabang Al-Jami’ah Yogyakarta SK Menteri Agama No. 93 Tahuin 1963 tanggal 16 September 1963
Tahap II Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram SK Menteri Agama No. 63 Tahun 1966 tanggal 24 Oktober 1966
Tahap III Program Doktoral (Sarjana Lengkap) SK Dirjen Bimbaga Islam Departemen Agama dengan Surat No. F/x/1748, tanggal 06 Mei 1982
Tahap IV Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel SK Menteri Agama RI No. 27/1994
Tahap V STAIN Mataram KEPRES RI No. 11 Tahun 1997
Tahap VI IAIN Mataram SK Presiden RI No. 91 Tahun 2004 tanggal 18 Oktober 2004
Tahap V UIN Mataram Peraturan Menteri Agama RI No. 18 Tahun 2017, tanggal 20 Juli 2017

Dari sejarah transformasi UIN Mataram tersebut, perpustakaan telah ada dan aktif melayani kebutuhan informasi civitas akademika dari status Perguruan Tinggi masih berbentuk Sekolah Persiapan IAIN Cabang Al-Jami’ah Yogyakarta tahun 1963.

Pada bulan Mei 2011, dalam rangka memperbesar daya tampung lembaga untuk menerima mahasiswa baru, Fakultas Tarbiyah dipindahkan ke Kampus II Jl. Gajah Mada, Jempong Mataram. Bersamaan dengan itu dibentuklah Perpustakaan FITK sebagai cabang dari UPT Pusat Perpustakaan.

Hingga tahun 2017, Perpustakaan  UIN Mataram mempunyai kekuatan 12 orang pustakawan dan 5 orang staf perpustakaan. 17 orang pegawai perpustakaan tersebut melayankan 25.931 judul buku dan 129.182 eks kepada 14.000 lebih civitas akademika UIN Mataram di 3 Perpustakaan, yaitu UPT Perpustakaan UIN Mataram di Kampus I, Perpustakaan FITK di Kampus 2, dan Perpustakaan Pascasarjana di Kampus 2.

Pada tahun 2018, terjadi pengembangan layanan yang signifikan yang dilakukan oleh manajemen Perpustakaan UIN Mataram.  Selain mempunyai kekuatan 12 orang pustakawan, dan 7 orang staf perpustakaan, serta dengan total jumlah koleksi ± 26.000-an judul, untyk melayani kebutuhan informasi 14.000-an orang civitas akademika UIN Mataram, Perpustakaan menambah kekuatan koleksi dibidang digital. Pengembangan system informasi dengan memperkuat koleksi digital diawali dengan kegiatan studi banding ke Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang saat itu dikomandoi oleh bapak Faizudin Harliansyah, MIM. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui kebijakan-kebijakan dan prosedur yang bermain pada tataran teknis manajemen Repository di perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta mempelajari customisasi e-prints langsung dengan teknisi IT Perpustakaan UIN Malang. Output dari kegiatan tersebut  adalah:

  1. Terbentuknya kebijakan berupa aturan dan prosedur yang meliputi teknis manajemen data maupun kebijakan yang bermain saat praktek “upload mandiri” karya ilmiah civitas akademika UIN Mataram dilakukan. Hal ini sangat penting dalam menjamin keseragaman informasi data bibliography untuk mendapatkan hasil mapping yang akurat yang menjadi deskripsi perkembangan keilmuan civitas akademika.
  2. Proses customisasi e-prints dan ANZSRC yang baik. Proses customisasi ini penting agar tampilan repository dapat menjadi representasi lembaga di dunia maya. Proses customisasi yang baik juga dapat menjadi promosi dan sosialisasi lembaga berupa data akurat tentang perkembangan scholarly communication di wilayah akademis UIN Mataram.

Selain dengan penguatan koleksi di bidang digital. Perpustakaan UIN Mataram juga mennginisiasi langganan Plagiarism Checker Turnitin sebagai bukti bahwa Perpustakaan sebagai lembaga pengelola informasi sangat concern di dalam peningkatan kualitas tugas akhir mahasiswa dan karya ilmiah tenaga pendidik. Proses langganan yang diikuti dengan sosialisasi dan layanan software untuk seluruh civitas akademika kemudian digalakkan oleh Perpustakaan. Kegiatan sosialisasi dan layanan di back up oleh SK Rektor yang berfungsi sebagai  regulasi yang bersifat sektoral untuk membantu usaha perpustakaan dalam meneguhkan peranan perpustakaan akademik untuk menekan tingkat plagiasi di UIN Mataram. Pada tanggal 20 September 2018, terbit SK Rektor No. 1781 Tahun 2018 tentang Penetapan Pemberlakuan Wajib Simpan dan Upload Karya Ilmiah dan Kewajiban Melakukan Plagiarisme Checker Atas Karya Ilmiah Sivitas Akademika UIN Mataram.

Pada bulan Agustus 2020, Perpustakaan UIN Mataram pindah ke Kamus 2 di Jl. Gajahmada No. 100 Jempong, bersamaan dengan kepindahan seluruh 4 Fakultas lainnya (FDIK, FUSA, FS, dan FEBI). Karena itu, Perpustakaan FTIK kembali digabung ke Perpustakaan utama, dan menyisakan Perpustakaan Pascasarjana di Kampus 1. Di Kampus 2, Fasilitas dan kondisi Gedung Perpustakaan mengalami peningkatan yang signifikan. Dari semula hanya mempunyai luas 740 m² (2 lantai), Perpustakaan kini menempati Gedung seluas 5600.19 m² (3 lantai). Terdapat  fasilitas baru di Gedung tersebut, seperti ruangan audio visual, ruang multimedia, ruang theater, ruang diskusi, dan ruang correl. Untuk menunjang aktivitas dan kreativitas mahasiswa, Gedung Perpustakaan juga dilengkapi dengan rooftop.

 

Begitu juga dengan kondisi SDM Perpustakaan yang mengalami kenaikan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Secara kuantitas, Perpustakaan menerima 3 calon pustakawan yang berlatar belakang Pendidikan S1 Perpustakaan. Dan dari segi kualitas, Perpustakaan UIN Mataram berhasil mensertifikasikan 9 orang pustakawan di tahun 2016 dan 2019, di 4 klaster yang berbeda, yaitu (klaster pengembangan koleksi, klaster literasi informasi dan promosi perpustakaan, klaster layanan pemustaka, dan klaster pengolahan bahan perpustakaan).

Saat musim pandemic covid-19 merebak, UIN Mataram menerapkan kebijakan pembelajaran online (daring), penerapan Work From Home untuk seluruh tenaga pengajar, kecuali para pejabat dan pegawai. Kebijakan tersebut bertepatan dengan waktu pemindahan koleksi dari Perpustakaan dari Kampus 1 ke Kampus 2. Maka Perpustakaan UIN Mataram berkonsentrasi dalam mengubah layanan akademik yang dilakukan, dari manual ke full online, dan berkonsentrasi melakukan pencacahan dan stock opname untuk seluruh koleksi yang dimiliki. Rangkaian kegiatan stock opname koleksi diiringi dengan kegiatan weeding, serta konservasi dan preservasi koleksi. Kegiatan tersebut dilakukan dari rentang waktu 2020 sampai 2021.

Saat ini, Perpustakaan UIN Mataram masih terus berproses dalam hal memperkuat potensi  diri, serta membuat berbagai bentuk kekurangan menjadi potensi dan tantangan untuk selalu berubah dengan dinamis ke arah yang  lebih. Berubah dan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan UIN Mataram.