Select Page

Layanan

Layanan yang diberikan oleh perpustakaan UIN Mataram terdiri dari :

1. Layanan baca ditempat.

Dilakukan pemustaka dalam ruang baca yang disediakan pihak perpustakaan diantaranya ruang baca referensi, ruang baca tandon dan ruang baca sirkulasi, ruang baca Bi Corner, ruang baca sasambo. Ruang baca tersebut  tersedia dalam bentuk lesehan dan terdapat bangku , meja dan layar televisi di bagian sudut Bi corner serta sofa sudut di masing-masing corner.

2. Layanan Sirkulasi.

Kegiatan sirkulasi dilakukan secara otomasi dalam bentuk pinjam meminjam bahan pustaka yg disiapkan pihak perpustakaan maksimal 3 buku yang memiliki jangka waktu 2 minggu dan apabila terjadi katerlambatan pengembalian diberlakukan sangsi berupa denda sesuai dengan yang telah ketentuan dari pihak perpustakaan.

3. Layanan Referensi dan Tandon.

Layanan ini diberlakukan pihak perpustakaan bukan untuk dipinjamkan hanya ketersediaan baca di tempat dan dapat di fhoto copy oleh pemustaka.

4. Layanan Penelusuran.

Penelusuran yang tersedia di UPT perpustakaan yaitu melalui OPAC (Open  Public Acsess Catalog). Pemustaka dapat menelusur semua buku refransi yang diinginkan pemustaka sesuai dengan kebutuhan di masing-masing jurusan dan fakultas yang ada di UIN Mataram/ Civitas akademika secara mandiri dan bimbingan penelusuran dari pihak pegawai maupun pustakawan di UPT Perpustakaan UIN mataram melalui 6 (Enam) Unit komputer yang tersedia diruang referensi.

5. Layanan Literasi Informasi.

Layanan literasi informasi telah dilakukan melalui pengadaan kelas literasi yang diadakan pihak perpustakaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan ada pula permintaan tersendiri dari masing-masing jurusan untuk diadakan kelas literasi khusus diluar jadwal yang telah ditetapkan pihak perpustakaan.

6. Layanan peminjaman sarana untuk berkegiatan.

Layanan ini diberikan untuk civitas akademika yang membutuhkan layanan untuk beraktivitas dalam menunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Layanan tersebut berupa layanan peminjaman ruang meeting, ruang correl, ruang diskusi, ruang audio visual, dan ruang multimedia. Pemanfaatan sarana dan prasarana perpustakaan diatur melalui prosdur khusus yang disesuaikan dengan ragam dan jenis kebutuhan dari civitas.