Institutional Repository adalah serangkaian layanan yang dikembangkan oleh suatu institusi berupa pengelolaan ( management ) dan penyebarluasan ( dissemination ) berbagai hasil kegiatan ilmiah civitas akademika dalam bentuk digital material ( Lynch, 2003 ).
Fungsi repository adalah untuk memfasilitasi komunikasi ilmiah di sebuah perguruan tinggi. Repository bertindak sebagai media yang dapat menunjukkan hasil-hasil riset untuk peningkatkan prestige ( nama harum ) karena menghasilkan pengakuan komunitas akademik terhadap berbagai riset yang ada di lembaga tersebut. Repository juga dapat meningkatkan tingkat visibility lembaga. Hal ini dikarenakan masyarakat luas dapat dengan mudah mengakses karya ilmiah . Sementara dalam perangkingan webometrics atau ranking web of repositories, aspek visibility mempunyai porsi penilaian paling besar dibandingkan aspek lainnya.
Karena itu peningkatan pengetahuan dan skill para pengelola repository adalah sesuatu kemustian bagi suatu institusi. Mengingat keberadaan repository di dalam scholarly communication sebuah institusi,apalagi sebuah Perguruan Tinggi telah menjadi sebuah kebutuhan primer di era Information and Communication Technology ini.

          Perpustakaan UIN Mataram pada kamis, 9 November 2017 melaksanakan Workshop Institutional Repository Management  dengan narasumber Faizuddin Harliansyah, MIM. Kepala Pepustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, pada kesempatan tersebut antara Perpustakaan UIN Mataram dengan Perpustakaan STAIN Curup Bengkulu di tandatangani Kesepakatan kerjasama oleh Kepala Perpustakaan UIN Mataram Rika Kurniawati, M.Hum dan Kepala Perpustakaan STAIN Curup Bapak Jurianto, S.Pd.I., M.Hum. Penandatanganan kerjasama tersebut disaksikan langsung oleh wakil rektor I Dr. H. Masnun Thahir, MA.g serta Pustakawan dan staf perpustakaan UIN Mataram, Pustakawan dan kepala perpustakaan IPDN kampus NTB, Pustakawan Politeknik Medica Farma NTB, dan Kepala Perpustakaan STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Mataram  yang turut berpatisipasi dalam workshop ini.