UPT Pusat Perpustakan UIN Mataram melakukan kegiatan penataan kembali koleksi pustaka dan penyesuaian ruang koleksi guna mendukung kinerja dan efektivitas pelayanan perpustakaan secara keseluruhan baik bagi petugas perpustakaan maupun bagi pemustaka, baik dari segi kenyamanan dan ketenangan maupun dari segi keamanan bahan pustaka sehingga kedepan diharapkan pelayanan dapat dilakukan secara maksimal. Kegiatan ini dilakukan pada saat mahasiswa tidak terlalu aktif karena masih dalam masa libur panjang setelah menempuh ujian semester sehingga kegiatan ini tidak mengganggu pelayanan kepada pemustaka dan kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan maksimal sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya.

Penataan ulang koleksi pustaka ini di khususkan pada koleksi referensi dan koleksi karya ilmiah dosen dan mahasiswa, koleksi referensi tersebut dipindahkan ke lantai 1 yang terletak di sisi kiri gedung UPT Pusat Perpustakaan UIN Mataram selanjutnya koleksi karya ilmiah dosen dan mahasiswa dinaikkan ke lantai 2 yang juga terletak di sisi kiri gedung UPT Pusat Perpustakaan UIN Mataram tempat yang sebelumnya diisi oleh koleksi referensi. Pemindahan koleksi referensi dan koleksi karya ilmiah dosen dan mahasiswa tersebut dilakukan pada awal bulan Juli 2017 ini.

Bagi pemustaka yang mencari koleksi referensi dapat langsung ke lantai 1 sisi kiri gedung dan bagi pemustaka yang mencari koleksi skripsi maupun thesis dapat mengaksesnya di lantai 2 sisi gedung sebelah kiri.