Upload Mandiri

Etheses UIN Mataram dibangun dengan menggunakan platform eprints dan ANZSRC. Etheses ini ditujukan sebagai wadah untuk menampung semua Tugas Akhir (skripsi, tesis, dan disertasi) mahasiswa UIN Mataram. Melalui etheses, stakeholder atau visitor dapat mengamati dengan mudah penyebaran subjek-subjek penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa UIN Mataram. Mapping subjek ini dapat dijadikan pengambilan kebijakan dalam memberikan aturan main penentuan topik penelitian kepada Mahasiswa yang akan membuat proposal penelitian. Selain itu, mapping subjek juga akan memperlihatkan kejenuhan dari suatu subjek penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa UIN Mataram.

Untuk proses akuisisi materi digital di etheses, Perpustakaan UIN Mataram menerapkan system unggah mandiri. Penerapan kebijakan ini ditempuh untuk mengantisipasi jumlah pustakawan dan staf perpustakaan yang tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang dilayani. Selanjutnya proses verifikasi dan perbaikan file dilakukan melalui email, sebelum akhirnya tugas akhir mahasiswa di-release di etheses dan mahasiswa berhak menerima Surat Bukti Penyerahan file Tugas Akhir yang digunakan untuk mengambil ijazah.

Kebijakan Unggah Mandiri ini disusun sebagai follow up dari Keputusan Rektor UIN Mataram No. 1781 Tahun 2018 tentang Penetapan Pemberlakuan Wajib Simpan dan Upload Karya Ilmiah dan Kewajiban Melakukan Plagiarism Checker atas Karya Ilmiah Sivitas Akademika UIN Mataram. Dengan ketentuan seperti ini, diharapkan dosen UIN Mataram dapat melakukan Unggah Mandiri secara aktif Tugas Akhirnya, tanpa harus tergantung dengan pelayanan para pustakawan di Perpustakaan UIN Mataram.

====================================================================
Panduan Upload Mandiri & panduan pemberian watermark pada file tugas akhir mahasiswa dapat didownload : 
dan untuk logo watermark UIN Mataram yang dapat di download :